Soal Transgenik, KOMPAS Tidak Kritis!

Posted on March 15, 2011

0


Ada berita menarik di Kompas hari ini (15/3). Berita itu berjudul “Pemerintah Buka Diri Aplikasikan Transgenik”. Berita itu dimuat di halaman 12.

Sayang, KOMPAS tidak kritis dalam menurunkan berita mengenai pangan hasil rekayasa genetik (Transgenik) itu. KOMPAS lebih menyorot bahwa pangan transgenik dapat memecahkan persoalan pangan. Bahkan tanggapan yang agak berbeda yang ditulis dalam berita di KOMPAS itu masih menganggap bahwa pangan Transgenik adalah sebuah trobosan baru untuk penggandaan produktivitas serta keamanan pangan, pakan dan serat.

Padahal banyak pihak yang sudah mengkritik produk pangan transgenik. Namun KOMPAS sama sekali tidak memawancarai pihak-pihak yang selama ini kritis terhadap produk transgenik, baik dari sisi kesehatan, keamanan hayati dan juga ketergantungan dengan industri transgenik dari negara-negara maju.

Bukan sebuah kesulitan tentunya, bagi wartawan KOMPAS untuk mewawancarai pihak-pihak yang kontra terhadap produk transgenik itu.

Jika KOMPAS mampu (berani?) menghadirkan berita yang berimbang terkait dengan transgenik ini maka, publik akan memperoleh pengetahuan yang memadai terkait dengan produk ini.Sehingga apapun keputusan publik (menerima atau menolak produk transgenik), akan didasari oleh pengetahuan yang cukup.

Mengapa KOMPAS tidak kritis terhadap berita terkait dengan pangan transgenik ini?

Advertisements
Posted in: Uncategorized