Soal Greenpeace, Berita di bisnis.com Tidak Berimbang

Posted on January 13, 2011

0


 

 

Ada berita menarik di portal bisnis.com, hari ini (13/01). Berita itu berjudul: CAGP bilang: Singkirkan Greenpeace! Berita tersebut dapat dilihat di link ini: http://www.bisnis.com/index.php/umum/sosial/6658-cagp-bilang-singkirkan-greenpeace

Sebuah judul yang provokatif dan marangsang orang untuk membacanya. Siapa CAGP? Ada konflik apa mereka dengan organisasi lingkungan hidup internasional Greenpeace?

CAGP (Consumers Alliance for Global Prosperity) adalah sebuah aliansi konsumen. Mereka menolak kampanye Greenpeace terhadap produk Pizza Hut. Menurut Greenpeace, seperti ditulis oleh bisnis.com, beberapa bahan baku dalam piza mereka merupakan produk samping penggundulan hutan secara besar-besaran dan menewaskan orang utan dan harimau di Indonesia.

Tapi anehnya, berita di bisnis.com itu terasa tidak imbang. Tidak ada keterangan dari pihak Greenpeace. Narasumber dari berita itu hanya tunggal yaitu dari pihak CAGP. Akibatnya, tentu saja publik yang membaca berita itu dapat informasi secara sepihak. Artinya, dengan membaca berita itu publik jadi gagal untuk mengetahui kejadian yang sebenarnya.

Padahal bukan sesuatu yang sulit untuk meminta konfirmasi dari pihak Greenpeace. Organisasi lingkungan hidup internasional itu memiliki website dan juga kantor di Indonesia. Lantas, mengapa redaksi bisnis.com tidak melakukan konfirmasi terhadap Greenpeace? Apakah ini sebuah kekhilafan atau justru sebuah kesengajaan dari redaksi bisnis.com?

Advertisements
Posted in: Uncategorized