Iklan Terselubung di Media Indonesia?

Posted on December 10, 2010

0


Hari ini, 10 Desember 2010, di harian Media Indonesia tapatnya dirubrik Telekomunikasi (halaman 15) terdapat berita yang agak aneh. Aneh karena berita di rubrik itu mirip iklan advertorial.

Namun jika itu iklan advertorial, tidak tertulis di rubrik itu bahwa itu adalah iklan advertorial. Biasanya, di berbagai media massa jika ada iklan advertorial dituliskan secara jelas bahwa itu adalah iklan advertorial. Tujuannya untuk membedakan dengan berita.

Seperti ditulis di http://id.wikipedia.org/wiki/Advertorial, advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik.

Satu halaman penuh rubrik Telekomunikasi di halaman 16 Media Indonesia hari ini (10/12) memberitakan tentang perusahaan PT.Telkom. Ada empat berita dalam satu halaman penuh itu, yang kesemuanya mengulas PT. Telkom.

Berita-berita di satu halaman penuh itu antara lain berjudul:

1. Merebut Pasar dengan Kualitas dan Kelengkapan Layanan –> membahas capaian-capain terbesar yang pernah diraih PT.Telkom

2. Kebutuhan Terus Tumbuh, Inovasi jadi Jawaban–> membahas mengenai kinerja dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh PT.Telkom

3. Penghargaan Telkom Jadi Motivasi bagi BUMN–> pendapat Menteri BUMN Mustofa Abubakar mengenai penghargaan yang telah diraih PT.Telkom

4. Telkom Hadir di Indonesia dengan Paket Komplet –> pendapat pakar marketing Hermawan Kertajaya mengenai pasar layanan PT Telkom

Di halaman itu juga terdapat foto besar yang menggambarkan penyerahan penghargaan kepada PT. Telkom

Semua berita di satu halaman penuh itu berisi tentang hal-hal yang positif tentang PT. Telkom. Tapi, anehnya tidak ada kata advertorial di satu halaman penuh yang memberitakan tentang PT. Telkom itu. Apakah ini sebuah iklan terselubung PT. Telkom di harian Media Indonesia?

Advertisements
Posted in: Uncategorized